Monday, March 14, 2016

Cara Pembuatan Black Garlic

Black garlic atau bawang hitam selain sebagai penambah citarasa masakan, ternyata black garlic ini mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Black garlic atau yang lebih dikenal dengan bahasa kita sebagai orang Indonesia “bawang hitam” merupakan hasil fermentasi dari bawang putih. Seperti namanya black garlic (bawang hitam), warna dari Black Garlic adalah hitam dengan tekstur yang lembut dan gurih serta aroma yang tidak terlalu tajam dan rasa yang sedikit manis. Walau demikian, black garlic tetap bisa menghasilkan makanan yang lezat.


Black garlic dikenal berasal dari Korea Selatan, di mana black garlic ini digunakan sebagai suplemen tubuh, herbal yang memiliki kekuatan antioksidan jauh lebih besar dibanding bentuk dasarnya.

Cara pembuatan black garlic memakan waktu yang sangat lama yaitu 90 hari.

Proses fermentasi ini bisa disingkat menjadi 40 hari, namun hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 90 hari.

Cara fermentasi yang dilakukan adalah dengan memasukkan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu 25 – 30 derajat celsius selama 40 hari atau 90 hari.

Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Harga penjualan black garlic sangat mahal, maklum saja karena proses pembuatannya yang sangat lama dan manfaat yang dikandungnya juga sangat bagus untuk kesehatan manusia.

Black garlic memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi black garlic adalah:

Manfaat Black Garlic

No comments:

Post a Comment